Hidup itu ditentukan karakter diri

Nampaknya kata – kata ini dah sering banget kita lihat ataupun kita dengar, tapi anehnya kebanyakan dari kita – mungkin juga saya- masih saja belum dapat menerjemahkannya menjadi aksi nyata. Hal ini terinspirasi setelah saya nonton film ‘medley’  itupun karena saran dari seorang saudara saya kata dia sih bagus. Penasaran jadi coba ditonton. Awalnya ah biasa aja tapi ada adegan bagus yang sarat makna. Adegan dimana pak waluyo ( seorang tokoh dalam film tersebut yang diperankan oleh alex komang) dan aditya ( diperankan oleh yossi ‘project pop’) yang bercerita tentang makna kehidupan dengan mengumpamakan sebuah biji jeruk.

“ Dari biji jeruk yang kecil bisa tumbuh pohon jeruk…pohon kehidupan. kita tidak menyadari bahwa tiap detik menentukan tumbuhnya cabang – cabang atau ranting – ranting dari pohon itu.”

Iyah yah dan mungkin  Begitu juga kita, kadang kita lupa bahwa tiap detik hidup kita yang telah terlewati justru menentukan untuk detik berikutnya. Namun masih banyak dari manusia yang membuang waktu percuma, dan mereka menyebutnya dengan kebahagiaan.

“ Pada pohon jeruk yang tumbuh dari biji kecil, ada dahan, ranting, dan daun yang tumbuh bagus. Inilah yang sukses. Namun ada pula yang kering, rusak. Inilah yang gagal menimbulkan penyesalan.lalu apa yang kita dapatkan, Buahnya.”

Saya sebenarnya tidak sedang membuat resensi film. Apa yang sebenarnya ini saya sampaikan, simple aja sebenernya. Bahwa setiap pilihan itu ditentukan oleh karakter diri. Lalu apa yang kita dapat dari kehidupan ini, buah kehidupan yang bernama pengalaman. Yakni bentuk rasa syukur karena kita dianugerahi berlimpah warna kehidupan. Ada kesuksesaan dan ada pula kegagalan… seperti pohon jeruk ada daun yang bagus, ada daun yang kering…tapi itu tidak menghalanginya untuk tetap memberikan buah jeruk.Tapi buah itu tidak untuk kita nikmati sendiri, orang lain juga perlu ikut menikmatinya. Wujud rasa syukur kita adalah dengan berbagi bersama orang lain…berbagi buah kehidupan.

3 thoughts on “Hidup itu ditentukan karakter diri

  1. Poet 19 Mei 2010 / 7:02 AM

    Thx for sharing🙂
    saya masukin ke list google reader ya

    salam,
    blogwalker

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s