Mid Review Program IPUS Toyota 2010

Alhamdulillah, puji syukur pada Allah SWT satu fase telah dilewati dengan sukses.  Yah, hari ini tepatnya tadi jam 10 – 11 saya sudah melewati fase mid review untuk program IPUS di Toyota. Seperti sudah diketahu saya ( alhamdulillah ) dapat diterima untuk magang di toyota motor manufacturing indonesia dengan jalur program IPUS tahun 2010 dari bulan februari hingga juni 2010.

Program IPUS itu artinya internship for university students yakni program magang yang diselenggarakan oleh PT. TMMIN ( toyota motor manufacturing indonesia) untuk mahasiswa semester 8 dari perguruan tinggi tertentu. nah dan salah satu yg bikin program ini berbeda dengan program magang reguler yang juga diadain toyota adalah kita ( yg magang ) diwajibkan untuk membuat TBP ( toyota business practice ) yakni semacam ‘alat bantu’ yang dibuat oleh ‘mbah-mbahnya’ di toyota untuk menganalisis sebuah masalah dan membuat improvment untuk memecahkan masalah tersebut. Bagi saya ( mahasiswa IPb yg gak pernah tahu apa itu TBP ) membuat TBP adalah hal yang sulit. Selain dibutuhkan analisa yang tajam akan potensi masalah juga dibutuhkan kreatifitas untuk menggali masalah itu. dan sayangnya untuk kedua hal itu saya termasuk lemah ( analisa dan kreatifitas ).

So dibutuhkan kerja ekstra cerdas dan keras untuk mengatasinya toh, tanya ama mentor, cari data, ketemu supplier ( oh iya, selama magang saya ‘dititipkan’ di divisi purchasing PT. TMMIN ), genba (kunjungan lapangan), diomelin orang ED ( engineering ), diskusi dengan meneger, wah pokoknya harus jungkir balik deh buat nyelesain TBP ini belum lagi buat support di kerjaan reguler yang ujubileh banyaknya. BUT… dari sini saya jadi lebih paham tentang gimana sih kerja itu…gimana sih buat kita bisa manage waktu kita, resources yg kita punya di tengah banyaknya kerjaan yang numpuk itu, ditengah warna- warni pekerjaan.

And Finally dengan usaha keras dan cerdas, saya bisa juga membuat TBP sampai step 5 ( karena TBP itu ada 9 step dan untuk mid review cuma dilihat sampai step 5 dulu ). dan tepat jam 10 tadi hasil kerja saya itu dipresentasikan di depan reviewers. awalnya deg-degan secara yang jd penguji itu salah satu orang ‘mbahnya’ TBP, Pak subhan purnama. Pas awalnya ketika akan presentasi, keringat dingin tuch mulai keluar,tapi alhamdulillah lambat laun jadi cukup terbiasa karena para reviewers nya cukup kooperatif juga ( padahal saya udah ngbayangin akan ada pembantaian masal ). And sesi tanya jawab pun dimulai dan alhamdulillah Allah memudahkan, malah cukup mendapat masukan dari pa subhan untuk diperbaiki di final reviews nanti. ah….lega sudah, satu step sudah dilewati tinggal berkarya dan menyiapkan yang terbaik untuk final nanti. Insyaallah Allah akan memudahkan.

Oia satu lagi yg patut saya syukuri. Setidaknya saya sudah satu step lebih maju di banding yang lain,dgn berkesempatan bekerja dan mendapatkan pengalaman di sebuah perusahaan besar otomotif kelas dunia. Toyota.

3 thoughts on “Mid Review Program IPUS Toyota 2010

  1. danu 10 Februari 2013 / 10:25 PM

    salam kenal.,minta sample file pdf TBP’nya lh ga.,pengen ikut bljar.

  2. Yasmina 10 Mei 2013 / 10:41 PM

    Apakah dulu waktu masuk magang di astra ada test masuknya? saya kebetulan dapat undangan untuk psikotest. kalau boleh tau test masuknya apa aja ya? Thanks🙂

  3. imam.ks 26 Mei 2013 / 10:48 PM

    oia maaf baru buka…iya ada seleksinya jg

Tinggalkan Balasan

