Ini Jakarta Bung…

Mengawali saya menulis, sekedar berbagi tentang Jakarta kota yang selama tiga bulan ini rutin saya ‘kunjungi’ karena tuntutan pekerjaan. Tidak ada yang terlalu istimewa selain menyadari bahwa kini Jakarta telah tumbuh menjadi kota metropolitan. walau dengan segala keterbatasan infrastruktur dan sebagainya, Jakarta telah menjelma menjadi pusat industri dan pemerintahan negara ini. Dan layak kiranya jika jakarta disandingkan dengan ibukota2x negara berkembang yang lain (dilihat dari kacamata Jakarta sebagai Trade Town, and Capital Town yah…)

Dengan predikat yang kini disandangnya sebuah kota metropolitan yang pusat industri, perdagangan menjadikan jakarta mau tidak mau akan kebanjiran orang yang mengadu nasib, mencari peruntungan di kota ini. Mulai dari pedagang asongan, karyawan perusahaan, direktur, ataupun ekspatriat dari berbagai negara tumplek memenuhi kota ini. So imbas langsung dari tumpleknya orang di jakarta adalah akan menciptakan masyarakat urban. Daya tampung Jakarta kini sudah tidak mampu lagi mengakomodir kebutuhan orang2x tadi ( yang kerja di jakarta ). Akhirnya banyak tuh orang – orang yang kerja di Jakarta mulai mencari tempat2x buat dia tinggal di daerah sekitar jakarta. Ada yang ke Depok, Bekasi, dan seperti saya saat ini ada juga yang memilih tinggal di bogor.

Alhasil sebagai konsekuensi nya akan terjadi arus manusia dari kota2x sekitar jakarta tadi. Seperti saat akhir pekan, ataupun liburan ‘panjang’ ( aslinya sih gak panjang2x amat sih, cuma buat yang kerja terutama yang kerjanya monoton kayak saya ini, liburan tiga hari itu ibarat ‘hadiah’ penghilang kejenuhan yang rata2x menghinggapi pekerja di Jakarta… Curhat colongan … ^________________^) jadilah mereka2x yang tinggal di kota satelit seputar jakarta ini seperti orang yang mudik, tumplek memenuhi jalan raya kota Jakarta dalam satu waktu yang bersamaan…dan jadinya tepat sekali Macet… kayak di poto di bawah ini…saya ambil pake kamera hape jd maklum kalo hasilna kurang bagus… ini suasana tadi sore di depan Head Office PT. TMMIN di daerah Yos Sudarso Sunter, Jakarta Utara.

tidak hanya akhir pekan sih, awal pekan ( hari senin ) pun akan sama, orang dari kota2x sekitar jakarta ini berbondong-bondong masuk kerja ke kota Jakarta. Hmm…tapi yang bikin aneh, kenapa cuma pas senin aja yah macetnya parah…kan logikanya mereka tiap hari kerja masuk pagi, kan harusnya juga tiap hari macetnya separah hari senin kan..tp kenapa cuma senin aja yg macetnya parah…ayo coba kenapa ????

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s