Ragu

Ntah lah akhir2 ini saya bener kacau banget…gak tahu apa ini akumulasi dari kebosanan, akumulasi kelelahan, kekecewaan…ah ntah lah saya pun tak mengerti dengan diri ini…ada ketakutan yang sangat…takut akan masa setelah saya lulus…orang mungkin banyak yang mengejar untuk lulus cepat, ‘pokoknya saya bisa lulus cepat’, ‘yang penting lulus duluan’. saya gak tahu pasti apa alasan mereka untuk mempercepat study mereka, bukan – bukan jangan beranggapan bahwa menunda kelulusan lebih baik tidak, tp yg saya ingin mencoba untuk berbagi adalah ‘apakah mereka sudah punya planning setelah lulus nanti ?’

Hey kawan come on…wake up lulus tuh bukan hanya sekedar lulus kan? minimal kamu harus punya rencana setelah lulus. tp fakta membuktikan bahwa mereka ( teman saya) yang lulus duluan ternyata belum memiliki rencana setelah lulus yang pasti. hasilnya kebanyakan teman saya itu hanya mengisi hidup sehariannya dengan memencet tombol remote control …mencoba mencari channel tv yg menarik untuk mengisi waktu mereka yan gtidak produktif…atau ada juga mereka yg ‘sedikit’ kreatif dengan melamar pekerjaan, tap setelah melamar itu pasti sunnatullahnya ada jeda untuk panggilan kerja kan karena emang gak ujug2 kita ngelamar besoknya langsung kerja kan? so apa kah yg dilakukan mereka, yah lagi – lagi ‘berteman’ remote tv atau hape masing2 untuk facebookan atau twitteran yg mengkonvergensi kan diri menjadi seorang yg autis.

ini yang saya takutkan, ini yang saya khawatirkan, ini yg membuat saya sukar memejamkan mata untuk tidur…saya takut diri saya nganggur…orang nganggur itu gak ada harganya ! saya takut saya akan seperti mereka. tidak memiliki rencana yg jelas. hidupnya hanya mencoba mengalir seperti air… tak dapat di bayangkan dalam hidup saya setelah lulus ini kembali kerumah mengisi kamar yg sudah 4 tahun ditinggalkan dan hanya diisi secara periodik disaat kepulangan ke rumah saja. mengisi hari dengan melamun, nonton kartun…ah sungguh ya Allah saya gak mau seperti itu, hidup bergantung dengan orang tua. saya takut orang tua akan menyalahkan keputusan saya untuk pindah kuliah. Ya Allah mudahkan hidup hamba mu ini.

inilah yg saya lakukan akhir2 ini, mengevaluasi perjalan hidup dan merencanakan masa depan selain mencoba menyusun skripsi di bidang yang saya tidak pahami yg pasti dan tersulit untuk dilakukan. memang segala sesuatu di dunia ini sudah allah atur, sudah allah catat dalam lahul mahfudz. tp bukan kah nabi juga mengutarakan pentingnya ikhtiar untuk dilakukan. sebagaimana beliau menyuruh seorang sahabatnya untuk mengikat kudanya..

tp juga ternyata ini tak membuat hati saya tenang, hari ini malam ini. saya merasakan bahwa ini juga belum cukup menghapus ketakutan dan keraguan saya. ntah lah mungkin banyak mahasiwa tingkat akhir yg berpikiran sama dgn saya.

Ok enough dengan kebodohan selama ini…tak usah disesali tak harus diratapi…bangkit untuk hidup yg lebih baik…saya pasti bisa…Ya Allah kabulkan segala hajat hidup saya

11 thoughts on “Ragu

  1. sempulur 18 Agustus 2010 / 2:29 AM

    “Tinggalkanlah kesenangan yang menghalangi pencapaian kecemerlangan hidup yang diidamkan. Dan berhati-hatilah, karena beberapa kesenangan adalah cara gembira menuju kegagalan”.

    Salam kenal dari komunitas keluarga miskin di indonesia. Semoga sudi berkunjung ke blog kami untuk menyumbang kesempatan meraih masa depan yang lebih baik dan harmonis.
    Terima kasih

  2. imam.ks 18 Agustus 2010 / 2:41 AM

    sempulur :

    “Tinggalkanlah kesenangan yang menghalangi pencapaian kecemerlangan hidup yang diidamkan. Dan berhati-hatilah, karena beberapa kesenangan adalah cara gembira menuju kegagalan”.

    nice comment…saya sudah berkunjung ke blognya luar biasa tulisannya ‘provokatif’ tp tetap nalar..

  3. Nida 20 Agustus 2010 / 10:17 PM

    “mengisi hari dengan melamun, nonton kartun…”
    Kenapa harus nonton kartun kak..? ^^

  4. imam.ks 20 Agustus 2010 / 11:03 PM

    @Nida
    karena nonton acara gosip itu haram….

  5. Nida 23 Agustus 2010 / 10:43 AM

    Kyaknya ada yang suka nonton kartun niy..

  6. thekingofliver 25 Agustus 2010 / 12:06 PM

    jadi, harus pandai pandai mengisi waktu
    bukankah waktu itu selalu berganti, tetapi terkadang kita yang melalaikan.
    yuk kita syukuri nikmat kita, nikmat yang banyak orang lupa, nikmat sehat dan waktu luang.

    kalau sy mengejar lulus buat nerusin lagi, hehe FKH…

  7. imam.ks 25 Agustus 2010 / 4:29 PM

    @thekingofliver
    ini adi yah ??? pie kabare mas??? wah sugeng rawuh…

    hehe iya ya FKH life time dikampusnya masih lama yah…dua tahun lagi..hehe wah nerusin jadi dokter hewan ya…mantap mas..moga dimudahkan studynya and bisa cepet berkarya untuk umat ini…

  8. thekingofliver 28 Agustus 2010 / 5:12 AM

    yoa bro…
    ady fkh,
    alhamdulillah sehat. kayakny kemaren lagi ngurus2 keperluan sidang sampean, semoga dimudahkan…
    sy tinggal satu tahap lagi, sidang, tanggal 3 September bro..
    sama-sama mendoakan ya bro…

  9. Nida 11 September 2010 / 8:37 AM

    Kak imam ini blog nida yang satu lagi :
    http://nidakhansa.multiply.com/

    kasih pendapat,kritik, saran yang bayak ya kak…

  10. Nida 11 September 2010 / 8:37 AM

    Kak imam ini blog nida yang satu lagi :
    http://nidakhansa.multiply.com/

    kasih pendapat,kritik, saran yang banyak ya kak…

  11. Imam.ks 12 September 2010 / 3:22 AM

    Ok…ntar saya berkunjung..^^

Tinggalkan Balasan

