Irwandi Jaswir [alumni IPB kualitas Dunia]

Irwandi Jaswir, alumnus Institut Pertanian Bogor tersebut sempat disebut-sebut banyak media cetak Indonesia karena berhasil mengangkat nama Indonesia di dunia internasional. Ya, tahun 2009 lalu, ia berhasil meraih posisi ke-2 dalam ‘Anugerah Saintis Muda Asia Pasifik 2009′ di Bangkok dan mengalahkan 150 calon lain dari 23 negara di Asia Pasifik. Dalam kompetisi presitisius yang diprakarsai oleh Scopus (situs basis data pencarian jurnal ilmiah dan indeks kutipan terbesar di dunia) tersebut, Irwandi berkompetisi di bidang pertanian dan sumber daya alam.

Irwandi yang baru berumur 38 tahun lahir di Medan, Sumatera Utara, memiliki catatan 40 karya ilmiah di jurnal internasional serta 60 karya ilmiah di konferensi internasional. Belum lagi puluhan artikel ilmiah populernya di berbagai media massa, serta lima artikel bab buku (book chapter) di buku ilmiah internasional.

Saat ini, Irwandi Jaswir adalah seorang profesor madya di Departemen Biotechnology Engineering, International Islamic University Malaysia. Ia telah menerima 23 anugerah sains di tingkat lokal dan internasional, termasuk medali emas di Geneva pada 2006 atas inovasinya dalam metode pendeteksian lemak babi. Prestasinya yang terbaru, pada Juli 2010 lalu, Irwandi Jaswir berhasil meraih anugerah tertinggi Best Innovation Award dalam forum ilmiah World Halal Research Summit 2010, di Kuala Lumpur Convention Centre. World Halal Research Summit (WHRS) merupakan ajang tahunan yang diikuti para peneliti dari seluruh dunia dalam bidang penelitian terkait industri halal. Irwandi yang juga koordinator riset di Halal Industry Research Centre, IIUM, membawa hasil penelitian bertajuk “Nano-structural properties of alternative collagen for halal industry”  ke forum internasional tersebut.

Menyelesaikan pendidikan di IPB, Irwandi meraih S-2 (1994-199) dari Universitas Pertanian Malaysia serta S-3 (1997-2000) dari UPM dan The University of British Columbia, Kanada. Setiap kali mendapat penghargaan atas penelitian yang dilakukan, dia selalu menyertakan nama Indonesia. Dalam salah satu pernyataannya Irwandi Jaswir, “Menjadi bagian dari bangsa Indonesia itu membanggakan dan tak ternilai.”

Pada bulan Desember mendatang, Dr. Irwandi Jaswir akan turut berpartisipasi dalam acara International Summit 2010 yang digelar oleh Ikatan Ilmuwan Indonesia Internasional di Jakarta. Irwandi yang masuk dalam cluster Teknologi dan Ketahanan Pangan akan ikut mendiskusikan cara-cara yang dapat ditempuh dalam mewujudkan kemandirian pangan nasional dengan penerapan emerging technologydan diversifikasi bahan pangan.

Koordinator Pelaksana Teknis International Summit 2010, Willy Sakareza, mengatakan bahwa masyarakat umum juga dapat mengikuti kajian-kajian dalam International Summit 2010 dengan mendaftarkan diri melalui http://www.is.i-4.or.id/

Pak Irwandi aja bisa, so kenapa kita nggak bisa berprestasi….*Indonesia Jenius 2020

3 thoughts on “Irwandi Jaswir [alumni IPB kualitas Dunia]

  1. Nida 19 Januari 2011 / 7:48 AM

    iya iya kak..

    kak imam, kok bisa ada gambar orang nya?
    yang selamat datang, ahlan wa sahlan gitu kak?
    mau diajariin kak…

  2. imam.ks 19 Januari 2011 / 11:18 AM

    @Nida
    klik aja gambarnya ntar masuk web nya kok nida…nah di sana ada caranya gimana masang ‘si botak’ itu.gambarnya jg ada yg lain. *halah jadi promosi.

  3. Nida 19 Januari 2011 / 5:20 PM

    udah udah donk kak, nida pakai gambar bintang..
    blog nida jadi bersinar2 deh kena cahaya nya…
    hehe…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s