Kerja…Kerja part 2 [wawancara kerja…siap!]

Ah akhirnya nemu waktu senggang juga buat nulis di blog lg. yah walau mengalami sedikit malanutrisi tapi semangat buat menulis tetap menggelora. Oia kali ini saya mau berbagi tentang wawancara kerja. yah karena masih satu tema dengan tulisan saya yg dibawah yakni tentang kerja.

Dalam satu proses recruitment pegawai atau karyawan baru di suatu perusahaan biasanya selalu ada proses atau tahapan wawancara. karena para user masih merasa bahwa wawancara adalah satu – satunya cara untuk menganalisa calon pekerja. yah mungkin bagi sebagian perusahaan ada juga yang mengadakan psikotest, tapi itu juga untuk kasus dimana orang yang melamar pekerjaan banyak banget and cara paling pas buat ‘buang’ kandidat yah dengan psikotest massal. namun setelah itu pasti ada wawancara.

Wawancara kerja merupakan proses paling penting dalam mendapatkan pekerjaan, karena di wawancara ini seorang calon pekerja dinilai layak atau tidak untuk mengisi posisi yang ditawarkan. alhamdulillah saya sudah memiliki cukup banyak pengalaman wawancara kerja, mulai dari yang menyenangkan ampe yang menyebalkan. jadi setidaknya sahabat semua bisa ngambil ibrah atau pelajaran berharga dari apa yang sudah saya lakukan.

Ada beberapa persiapan sebelum proses  wawancara. Pertama kamu harus tahu dimana tempat wawancaranya, juga harus memperhitungkan waktu tempuh ke tempat itu. sewaktu saya mau masuk ke korindo [tempat saya bekerja] saya cuma dikasih tahu kali tempatnya itu di jalan MT. Haryono dan wawancaranya dimulai jam 9.  sehari sebelumnya saya tanya – tanya ke temen yg tahu jakarta [thanks to pandu mas] buat nunjukin rute atau jalan dari bogor ke MT haryono. secara kan gak lucu kalo kita nyasar di jakarta . perhitungkan juga waktu tempuh, misal dari saya wawancara di tanjung priuk jam 8, jadi dari bogor bisa mulai berangkat jam 6. kita juga harus bisa antisipasi hal – hal yang biasa ada seperti macet, mobil kempes, kereta mogok,dll karena dengan kita datang lebih dulu, insyaAllah kita bisa lebih tenang dan gak was-was takut takut datang terlambat atau ketinggalan tes.

Terus hal berikutnya yang kudu disiapin juga adalah pakaian, gak usah yang mewah dan aneh2, cukup yang normal aja. Mungkin bagi cowok bisa pakai kemeja lengan panjang [biar lebih formal], celana bahan [warna gelap],sepatu kerja [bukan sepatu bot]. buat cewek…hmm yah pokoknya kalian lebih tahu dari saya. oia jangan pake aksesoris yang berlebihan terutama buat cewek2 nih yg sering riweuh pake ini itu. Pastikan semuanya sudah di setrika dengan rapi, kesannya sih sepele banget yah tapi cara berpakaian kita itu mempengaruhi penilaian interviewer ke kita apa kita serius mau kerja atau nggak. kita gak mau kan gara – gara kita salah kostum,atau baju kita belum di setrika, pekerjaan yang kita dambakan melayang begitu aja.

Wawancara kerja pertama saya adalah di perusahaan astra internasional, saat itu saya melamar untuk posisi seorang sales executive. dari namanya aja udah keren nih kayaknya bagus nih kerja di sana, gitu perkiraan saya di awal. saran saya, KENALI dulu posisi yg anda lamar jangan terjebak dalam buaian – buaian nama-nama keren seperti executive, representatif, dll. Ini penting loh jangan sampai kamu ngikutin wawancara yg kamu sendiri gak tahu lagi diwawancara buat jadi apa… karena saat saya wawancara kerja di AI ini saya ditanya ama interviewer, ‘apa yang saya tahu tentang posisi yg saya lamar’ dan hasilnya bisa ditebak saya ngejawabnya ngasal…..hehehe

Jawab pertanyaan dengan singkat dan jelas. jangan terlalu banyak basa – basi, to the point lah tp juga jangan terlalu irit ngejawabnya. Jawab juga sesuai pertanyaan yang diajukan. biasanya sih interview itu gak lebih dari 15 menit [ini udah lama banget], so maksimalkan waktu yang sebentar itu untuk ‘menjual’ diri mu. yakinkan interviewer, bahwa dia akan rugi besar kalau dia tidak merekrut kita. but ingat tetap rendah hati dan jangan membual.

Sebelum dan setelah proses wawancara, selalu iringi setiap langkah mu dengan doa yah. mintakan yang terbaik pada Allah, jangan lupa minta restu ke orang tua. insyaAllah akan mendapat pekerjaan yang terbaik.

Tinggalkan Balasan

