Jangan Dramatisir Masalah

Ini tulisan pertama di tahun 2016, moga gak terlalu basi untuk mengawali tulisan di tahun baru (yg sudah lewat 4bln). Nah mumpung mood nulis yg ntah gimana prosesnya sedang hinggap di jari jari, di otak, dan di handphone. Iya iya saya nulis ini di handphone. Jadi bisa dibayangin gimana ‘kriting’nya jempol saya yang gigantis ini nulis di touchpad HP.

Well…teman -yg dengan ajaib baca tulisan diblog yg ngga terkenal ini-, lewat tulisan ini saya mau berbagi pembelajaran bahwa kadang pikiran kita suka offside, sok tahu duluan dengan asumsi asumsi yg belum tentu bener, dan terkadang lebay dalam menghadapi masalah. Sesuai judulnya, jangan dramatisir masalah.

Teman yg ajaib, pernah tidak kamu merasa takut, sedih, dan khawatir yg berlebihan dengan masalah yg sedang dihadapi.  Iya, kadang logika kita sering memperumit masalah. Menciptakan jebakan jebakan asumsi. Merangkai rangkai skenario skenario yg sekenanya. Yang belum tentu benar adanya. Penyelesaian masalah jd semakin rumit dan pelik. Yang akhirnya masalah tidak terselesaikan, tp energi kita sudah habis duluan.

Nah di sini, guru kita -Aa Gym- memberikan arahan dalam tausyiahnya hari ini (21/4). Aa Gym, berpesan bahwasanya masalah itu dr Alloh, dan kunci pemecahan masalahnya jg ada di Alloh. Penting sekali kita melibatkan Alloh dalam prosesnya. Agar pikiran menjadi jernih dalam melihat pokok masalah yg harus diselesaikan, dan menyusun rencana untuk mengatasinya.

Ada permasalahan yg seperti tidak mungkin terselesaikan kecuali kita menjaga kedekatan diri kita dengan Alloh. Maka tidak berlebihan/ tidak lebay dalam menyikapi masalah hanya akan terjadi bila kita dapat berpikir tenang dan jernih. Dan pikiran tenang dan jernih itu didapat dari menjaga kedekatan dg Alloh.

Lewat apa? Kita bisa lakukan dengan memperbanyak ibadah, dan meperbaiki kualitasnya. Salah satunya solat. Solat yg tumaninah, tidak terburu buru dan khusyuk insyaAlloh akan memberikan ketenangan dlm diri kita.

Sebagaimana firman Alloh, “Jadikanlah sabar dan shalat sebagai penolongmu. Dan sesungguhnya yang demikian itu sungguh berat, kecuali bagi orang-orang yang khusyu’, [45]. (yaitu) orang-orang yang meyakini, bahwa mereka akan menemui Rabb-nya, dan bahwa mereka akan kembali kepada-Nya,[46]” (Qs.al-Baqarah/02: 45-46)

Ini adalah perintah dari Alloh. Punya masalah, sabar dan solat adalah perintah untuk kita mendapat solusi dr masalah.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s